EFEKTIVITAS MENGHAFAL JUZ ‘AMMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VI MI NU RAUDLATUS SHIBYAN 02 PEGANJARAN BAE KUDUS
Main Author: | MUSFI'AH, MUSFI'AH |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1182/1/131310001111%20MUSFI%E2%80%99AH%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1182/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Musfi’ah (NIM: 131310001111) “Efektivitas Menghafal Juz ‘Amma Dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VI MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus”. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat hafalan Juz ‘Amma pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa kelas VI MI NU Raudlatus Shibyan 2 Peganjaran Bae Kudus; (2) Mengetahui sejauhmana hasil belajar mata pelajaran al-Qur’an Hadits dalam hafalan Juz ‘Amma siswa kelas VI MI NU Raudlatus Shibyan 2 Peganjaran Bae Kudus; (3) Mengetahui efektivitas hafalan Juz Amma terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VI di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan “field Reserch” atau riset lapangan. Riset lapangan dengan Teknik Analisis Deskriptif Eksperimen. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Tingkat hafalan Juz ‘Amma pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa kelas VI MI NU Raudlatus Shibyan 2 Peganjaran Bae Kudus dapat diketahui secara verifikatif. Berdasar verifikasi data atas tingkat hafalan Juz ‘Amma menunjukkan bahwa kemampuan hafalan Juz ‘Amma siswa kelas VI cenderung dominan dan dalam kategori sedang dengan tetap memperhatikan pada kaidah ilmu tajwidnya, dan itu menjadi prioritas penilaian setoran bagi para penguji. Secara spesifik siswa kelas VI yang berjumlah 23 orang terdapat deskripsi tingkat hafalan masing-masing, yaitu 15 diantaranya dinyatakan hafal, dan 8 diantaranya dinyatakan tidak hafal. Perbedaan tingkat hafalannya pun bervariatif sesuai dengan kompetensi masing-masing. Ini menunjukkan bahwa kategori “hafal” telah dominan berada kualitas pribadi siswa. 2). Hafalan Juz ‘Amma mempunyai efek dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa, karena dalam materi hafalan Juz ‘Amma tersebut memuat ayat al-Qur’an yang selaras dengan materi pelajaran pada jenjang pendidikan tertentu, terlebih pada jenjang MI. Melalui hafalan Juz ‘Amma ini lah selanjutnya akan dijadikan usaha dalam peningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa yang ditopang dengan pembelajaran yang aplikatif dan penafsiran secara kontekstual. 3). Efektifitas tahfidz Juz Amma yang diterapkan di MI NU Raudlatus Shibyan 2 Peganjaran Bae Kudus ini adalah sebagai suatu usaha untuk mencapai tujuan utamanya yaitu peningkatan hasil belajar siswa pada matapelajaran al-Qur’an Hadits. Berbagai jenis usaha yang dilakukan madrasah dalam rangka menjalankan misinya ini yaitu mendidik masyarakat, maka bentuk usaha ini menjadi peranan penting dalam serangkaian kajian akademik yang perlu dilestarikan dan dipertahankan oleh MI NU Raudlatus Shibyan 2 Peganjaran Bae Kudus sebagai madrasah yang mengembangkan ciri-ciri keislaman dan pendidikan keagamaan Islam bagi masyarakat. Pembelajaran tahfidz al-Qur’an Juz Amma memberikan konstribusi besar bagi para Stakeholders dalam memajukan kualitas pendidikan baik dari personal maupun kolektif penyelenggara program itu sendiri, yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan bathiniyah seseorang dan berjangka panjang menuju pada jiwa-jiwa qur’ani. Demikian, semoga menjadi bahan informasi dan pengembangan bagi dunia keilmuan dalam kajian pendidikan secara akademik yang ideal.