PERAN GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK PERKEMBANGAN AKHLAK SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA KEPUK BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | WIDIASTUTIK, ZUNI |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1179/1/131310001012%20Zuni%20Widiastutik%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1179/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Zuni Widiastutik Dengan Judul Skripsi "PERAN GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK PERKEMBANGAN AKHLAK SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA KEPUK BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014" Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Perkembangan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kepuk Bangsri Jepara 2. peranan guru aqidah akhlak dalam membentuk perkembangan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kepuk Bangsri Jepara 3. Faktor-faktor yang mempengaruhi peranan guru aqidah akhlak dalam membentuk perkembangan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kepuk Bangsri Jepara Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan Perkembangan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kepuk Bangsri Jepara dapat dikatakan baik karena dalam 5 indikator pengamatan yang meliputi indikator bertutur kata dengan baik ada 3 siswa bertutur kata dengan baik, ada 19 siswa yang baik, dan ada 8 siswa yang kurang baik. Indikator bersikap baik kepada guru ada 20 siswa yang bersikap baik dan ada 10 siswa yang bersikap kurang baik. Indikator mengucapkan salam ketika masuk kelas ada 8 siswa yang selalu mengucapkan salam, ada 6 siswa yang mengucapkan sering mengucapkan salam, ada 11 siswa yang terkadang mengucapkan salam, dan ada 5 siswa yang tidak mengucapkan salam. Indikator ketawaduan kepada guru ada 21 siswa yang mempunyai katawaduan baik, dan ada 9 siswa yang kurang mempunyai sikap tawadu’. Indikator shalat dhuhur berjamaah di sekolah ada 17 siswa yang disiplin mengikuti shalat berjamaah dan 13 siswa kurang disiplin mengikuti shalat berjamaah Peranan guru aqidah akhlak dalam membentuk perkembangan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kepuk Bangsri Jepara meliputi: informatory, organisator, motivator, pengarah atau director, dan inisiator. Dengan peran guru tersebut dapat meningkatkan perkembangan akhlak siswa Faktor-faktor yang mempengaruhi peranan guru aqidah akhlak dalam membentuk perkembangan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kepuk Bangsri Jepara meliputi: faktor hereditas atau keturunan, kedua lingkungan yang meliputi: sekolah yang mempunyai unsure guru dan siswa, keluarga, dan teman sebaya di lingkungan Kata Kunci: Peran Guru Aqidah Akhlak, Perkembangan Akhlak