PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA ETIKA BERPAKAIAN PESERTA DIDIK PUTRI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 01 KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | SHOLIKHATUN, SITI |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1172/1/131310000145%20Siti%20Sholikhatun%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1172/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Siti Sholikhatun Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi : siswa SMP N 01 Kedung Jepara diharapkan dapat meningkatkan etika berpakaiannya. Bagi guru dapat meningkatkan peranannya dan tanggung jawabnya sebagai seorang guru sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal. Bagi peneliti dapat menembah pengetahuan yang sangat berharga sebagai awal dalam penelitian ini, karena diharapkan apa yang telah dikaji dan diteliti bias diterapkan dan diamalkan dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan Etika berpakaian peserta didik putrid di SMP N 01 Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari empat indikator yang menjadi obyek penelitian tergolong cukup baik, yaitu : pakaian harus menutupi aurat, pakaian harus bersih, rapi, dan sopan, pakaian tidak ketat dan tidak tipis, tidak memakai pakaian yang bermaksud riya. Peran guru PAI dalam membina etika berpakaian peserta didik putrid SMP N 01 Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 cukup baik, karena guru PAI mempunyai beberapa peran sebagai guru yang dapat ikut mengembangkan siswanya. Dengan peran guru PAI di SMP N 01 Kedung Jepara tersebut akan dapat membantu serta mengarahkan etika berpakaian peserta didik putrid kea rah yang baik sehingga dapat terbimbing dengan baik pula. Ada beberapa faktor pendudung dan penghambat peranan guru PAI dalam membina etika berpakaian peserta didik putri SMP N 01 Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Faktor tersebut adalah faktor keturunan, faktor kemauan, faktor kebiasaan, lingkungan yang meliputi keluarga, sekolah, dan teman sebaya, faktor pendidikan, dan faktor latihan.