STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH ANTARA SISWA YANG BERADA DALAM LINGKUNGAN MAYORITAS DAN MINORITAS MUSLIM KELAS VIII MTs MATHOLIBUL HUDA MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | RAHARJO, HENDI |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1165/1/131310000046%20Hendi%20Raharjo%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1165/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Hendi Raharjo, Tujuan dari penelitian ini adalah: Populasinya adalah siswa kelas VIII MTs. Matholibul Huda Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Karena yang menjadi populasi berjumlah 395 siswa, maka akan diambil 40 siswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan t-test untuk melihat perbedaan rata-rata Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus t-test. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa: Upaya untuk mengetahui ada tidaknya perbandingan prestasi belajar fiqih antara siswa yang berada dalam lingkungan mayoritas dan minoritas muslim kelas VIII di MTs Matholibul Huda Mlonggo Jepara dapat dinyatakan dengan analisis uji “t” ternyata nilai “t” yang dihasilkan adalah sebesar 2,87. Nilai uji “t” tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t tabel dan hasilnya menunjukkan bahwa pada taraf 5% = 2,04 dan pada taraf 1% = 2,75.. Hasil konsultasi tersebut menunjukkan t0 lebih besar dari t tabel, pada taraf 5%. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulkan bahwa “Ada perbandingan prestasi belajar fiqih antara siswa yang berada dalam lingkungan mayoritas dan minoritas muslim kelas VIII di MTs. Matholibul Huda Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015” telah terbukti dan diterima kebenarannya. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi ix dan masukan, khususnya bagi MTs. Matholibul Huda Mlonggo Jepara sebagai tempat penelitian dan bagi semua pihak yang membutuhkan, terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara.