APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ICT (INFORMATION, COMMUNICATION AND TECNOLOGI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH I’ANATUTH THULLAB MUTIH KULON WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | ROHMAN, AFIF |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1158/1/131310002405%20Afif%20Rohman%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1158/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Afif Rohman, 229536. Aplikasi Media Pembelajaran ICT (Information, Communication And Tecnologi) Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah I’anatuth Thullab Mutih Kulon Wedung Demak Tahun Pelajaran 2013/2014, Pembimbing H. Mufid, M.Ag Kata Kunci: Pembelajaran Media ICT, Motivasi, Prestasi Belajar, Fiqih Pengembangan ICT (Information Communication and Technology) yang ditawarkan diharapkan mampu menjadi alternatif model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era-globalisasi yang menuntut adanya profesionalitas dan skill yang tinggi demi mencapai tujuan pendidikan yang diamanatkan UUD 1945 maupun tujuan akhir dari pendidikan Islam yaitu kebahagiaan dunia-akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana aplikasi media pembelajaran ICT pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah I’anatuth Thullab Mutih Kulon Wedung Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) bagaimana motivasi belajar siswa dengan dilakukannya pembelajaran media ICT di Madrasah Tsanawiyah I’anatuth Thullab Mutih Kulon Wedung Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. 3) bagaimana dampak ICT terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih siswa di Madrasah Tsanawiyah I’anatuth Thullab Mutih Kulon Wedung Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang mempunyai karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting), dengan tidak mengubah bentuk simbol atau angka dan bersifat deskriptif yang didasarkan pada pertanyaan bagaimana. Dan teknik pengolahan datanya adalah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa (1) Aplikasi media pembelajaran ICT pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah I’anatuth Thullab Mutih Kulon Wedung Demak sudah optimal, hal ini dapat dicermati pada sarana infrastrukturnya yang cukup memadai yang terdiri dari hardware (berupa komputer/laptop dan LCD proyektor), software (CD/DVD dan interactive software) serta brainware. (2) Motivasi belajar siswa dengan dilakukannya media pembelajaran ICT di Madrasah Tsanawiyah I’anatuth Thullab Mutih Kulon Wedung Demak mempunyai peranan untuk menimbulkan gairah, perasaan senang dan semangat untuk belajar. Siswa yang memiliki motivasi kuat, akan mempunyai banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar, namun motivasi belajar tidak hanya memberikan kekuatan pada daya upaya belajar, tetapi juga memberikan arah yang jelas. (3) Dampak ICT terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih siswa di Madrasah Tsanawiyah I’anatuth Thullab Mutih Kulon Wedung Demak jelas ada kolerasinya dengan Prestasi belajar siswa karena dengan adanya ICT dapat terlihat ada kendali peningkatan dalam Proses Belajar Mengajar, bukan hanya peserta didik tetapi juga pendidik lebih termotivasi dalam meningkatkan kwalitas pengatahuan tantang ICT dan akhirnya banyak prestasi-prestasi yang diperolah oleh peserta didik maupun pendidik.