STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KITABAH PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS V MI DARUN NAJAH SROBYONG MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | WARSITO, WARSITO |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1156/1/131310002294%20Warsito%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1156/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Warsito dengan Judul Skripsi "Studi Deskriptif Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Kitabah Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Kelas V MI Darun Najah Srobyong Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015" Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pelaksanaan strategi pembelajaran kitabah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Darun Najah Srobyong Mlonggo Jepara 2. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi pembelajaran kitabah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Darun Najah Srobyong Mlonggo Jepara Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Pelaksanaan strategi pembelajaran kitabah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Darun Najah Srobyong Mlonggo Jepara yang dilaksanakan memakai strategi imla’ manqul, karena hal ini dapat dilihat bahwa kitabah atau menulis yang dilaksanakan yaitu guru menulis ayat surat Al Qadr dengan tidak sempurna dalam arti sepotongsepotong. Dengan tidak sempurna tersebut, siswa disuruh untuk menyempurnakan dengan benar. Setelah menyempurnakan potongan ayat tersebut, kemudian siswa disuruh menulis keseluruhan tanpa melihat tulisan, dalam arti guru membacakan ayat tersebut berulang kali, siswa menulis di buku tulis, guru mengamati tulisan setiap siswa menulis, ketika ada yang keliru guru menjelaskan kesalahan tulisan bukan membenarkan. 2 Beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi pembelajaran kitabah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Darun Najah Srobyong Mlonggo Jepara yaitu pertama, guru yang meliputi: kebiasaan mengajar seperti penggunaan metode pembelajaran, kreativitas, dan minat mengajar. Kedua adalah siswa yang meliputi: fisik, minat, motivasi dan kemampuan siswa dalam menguasai ayat-ayat al-Qur’an, minat, kedisiplinan dalam belajar. Ketiga, penggunaan media lain. Keempat penggunaan media pembelajaran Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kitabah, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits