STUDI DESKRIPTIF TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MI AL HIDAYAH SINANGGUL MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: KHUSNAH, KHUSNAH
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1136/1/131310001024%20Khusnah%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1136/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Khusnah dengan judul skripsi "Studi Deskriptif Tentang Strategi Pembelajaran Pembinaan Akhlak Siswa Di MI Al Hidayah Sinanggul Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015" Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Strategi pembelajaran pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru kepada siswa di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul Mlonggo Jepara 2. Faktor yang mempengaruhi guru dalam membina akhlak siswa di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul Mlonggo Jepara Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan Strategi pembelajaran pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru kepada siswa di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul Mlonggo Jepara menggunakan pertama, metode keteladanan meliputi: kedisiplinan dalam jam mengajar, bertutur kata, kerapian dalam berpakaian, mengucapkan salam ketika masuk kelas, shalat berjamaah dengan siswa, membaca hamdalah ketika pelajaran selesai. Kedua metode pembiasaan meliputi: meliputi: ketika masuk kelas mengucapkan salam, bersalaman dengan guru ketika masuk dan pulang sekolah, ketika akan mulai pelajaran dan selesai pelajaran membaca do’a, ketika pelajaran para siswa dibiasakan tenang tidak gaduh, ketika ada yang gaduh, maka guru memberi peringatan atau hukuman, shalat berjamaah di sekolah ketika waktu dhuhur, ketika ada salah satu siswa sakit, maka siswa yang lain menjenguk kerumahnya, guru memerintah siswa untuk tidak menempati tempat guru, ketika ada siswa yang menemukan barang temannya yang hilang, maka siswa tersebut diharuskan mengembalikan, antar siswa tidak boleh nakal, siswa dibiasakan menjaga kebersihan baik di kelas maupun di luar kelas, siswa mematuhi peraturan di sekolah seperti memakai seragam sekolah. Ketiga metode memberi nasihat, dalam metode memberi nasihat ini pendidik mempunyai kesempatan yang luas untuk mengarahkan siswa kepada berbagai kebaikan dan kemaslahatan. Keempat Metode kisah, metode kisah merupakan salah satu upaya untuk mendidik siswa agar mengambil pelajaran dari kejadian di masa lampau. Apabila kejadian tersebut merupakan kejadian yang baik, maka harus diikutinya, sebaliknya apabila kejadian tersebut kejadian yang bertentangan dengan agama Islam maka harus dihindari. Metode kisah ini mengambil akhlak para nabi dan para sahabat Faktor yang dapat mempengaruhi guru dalam membina akhlak siswa di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul Mlonggo Jepara meliputi: karakter atau watak, lingkungan sekolah, teman sebaya, dan keluarga. Faktor yang besar yang dapat mempengaruhi guru dalam membina akhlak siswa adalah faktor yang berasal dari teman sebaya, kedua faktor dari lingkungan keluarga, ketiga faktor dari guru dan keempat baru dari karakter Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pembinaan Akhlak