PROBLEMATIKA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS V MI. SAFINATUL HUDA SOWAN KIDUL KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: NOVINTAYANTI, LILIS TRI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1127/1/131310000069%20Lilis%20Tri%20Novitayanti%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1127/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • LILIS TRI NOVIYANTI. NIM 210077. PROBLEMATIKA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS V MI. SAFINATUL HUDA SOWAN KIDUL KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Siswa masih banyak yang jenuh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini mengingat selain pelajaran yang berbasis hukum agama juga terlalu banyak pelajaran yang harus diikuti, dan strategi pembelajaran yang kurang efektif. Hal ini menunjukkan bahwa kurang efisien dan efektif dalam pelaksanaan Mata Pelajaran Fiqih, sehingga berimplikasi kurang optimalnya tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran mata pelajaran tersebut. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana penerapan model pembelajaran Take and Give pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas V MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 ?.Apa saja problem yang terjadi pada penerapan Model pembelajaran Take and Give Pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas V MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 ?.Bagaimana cara mengatasi problem yang terjadi pada penerapan Model pembelajaran Take and Give Pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas V MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015?. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Fiqih dan siswa MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari pembahasan teori yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut : Penerapan model pembelajaran Take and Give pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas V MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah memberikan pengenalan mengenai topik yang akan dibahas, siswa dikelompokkan secara berpasangan, guru membagi bahan pelajaran yang diberikan menjadi dua bagian, siswa diminta melakukan kegiatan bersama dengan pasangannya, berdiskusi untuk melengkapi cerita. Problem yang terjadi pada penerapan Model pembelajaran Take and Give Pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas V MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 Problem yang Hadapi Tahap pra-intruksional adalah ketidak siapan siswa dalam menerima pertanyaan yang diberikan guru. Tahap Intruksional adalah problem kemampuan siswa yang relative pendek dalam memahami pelajaran. Mengatasi problem yang terjadi pada penerapan Model pembelajaran Take and Give Pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas V MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 Guru mengkondisikan siswa agar dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan guru mampu menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran Fiqih Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran Take and Give