IMPLEMENTASI METODE TAKRIR DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN DI PONDOK TAHFIDH PUTRI ANAK-ANAK (PTPA) YANAABI’UL QUR’AN SAMBENG GEBOG KUDUS TAHUN 2014

Main Author: SUHUD, ARI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1126/1/131310000023%20Ari%20Suhud%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1126/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • ARI SUHUD : 131310000023) IMPLEMENTASI METODE TAKRIR DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN DI PONDOK TAHFIDH PUTRI ANAK-ANAK (PTPA) YANAABI’UL QUR’AN SAMBENG GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015 SKRIPSI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA UNISNU, JEPARA 2014. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui konsep metode takrir dalam menjaga hafalan al-Quran anak-anak di Pondok Tahfidh Putri Anak-anak (PTPA) Yanaabii’ul Qur’an. 2) Untuk mengetahui implementasi metode takrir anakanak santri di Pondok Tahfidh Putri Anak-anak (PTPA) Yanaabii’ul Qur’an. 3) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dalam pelaksanaan metode takrir pada santri di Pondok Tahfidh Putri Anak-anak (PTPA) Yanaabii’ul Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis yang berusaha memahami arti peristiwa dan kaitankaitannya terhadap orang-orang biasa dalam situasi-situasi tertentu. Pendekatan ini digunakan untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya mengenai Implementasi Metode Takrir Dalam Pembelajaran Al-Quran Di Pondok Tahfidh Putri Anak-Anak (PTPA) Yanaabi’ul Qur’an Sambeng Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2014 / 2015 Implementasi metode takrir anak-anak santri di Pondok Tahfidh Putri Anak- anak (PTPA) Yanaabii’ul Qur’an menerapkan metode takrir sudah berjalan dengan baik. Pembelajaran tersebut dilakukan melalui tiga tahapan, yakni kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada tahap kegiatan awal ini telah tertuang dalam jadwal yang telah disiapkan dalam pondok. Adapun kegiatan inti ini terdiri dari kelompok-kelompok juz masing-masing santri. Faktor penghambat dalam pelaksanaan metode takrir dan solusi pemecahannya di Pondok Tahfidh Putri Anak-anak (PTPA) Yanaabii’ul Qur’an yaitu : Kemampuan anak dalam menghafal al-Quran berbeda-beda. Dialek anak berbeda. Kesehatan anak yang berbeda-beda Sifat anak yang masih keibu-ibuan. Timbulnya kemalasan santri. Dari beberapa kendala yang terjadi di Pondok Tahfidh Putri Anakanak (PTPA) Yanaabii’ul Qur’an Sambeng Gebog Kudus, kendala-kendala tersebut telah diupayakan oleh pimpinan, pengasuh, dan para ustadz/ustadzah serta orang tua wali dengan cara membuat berbagai peraturan atau tata tertib serta partisipasi dari berbagai pihak baik dari kalangan swasta maupun pemerintah (Depag).