UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI SURAT-SURAT PENDEK MELALUI METODE READING ALOUD PADA SISWA KELAS III MI MADARIJUL HUDA KEMBANG DUKUHSETI PATI TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Main Author: ZUMRODAH, ALFI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1098/1/131310001304%20Alfi%20Zumrodah%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1098/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • ALFI ZUMRODAH (NIM : 211357/131310001304) Judul Skripsi "Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis Materi SuratSurat Pendek Melalui Metode Reading Aloud pada Siswa Kelas III MI Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Apakah Metode reading aloud dapat meningkatkan prestasi belajar Al Qur’an Hadis di kelas III MI Madarijul Huda Kembang Penelitian ini menggunakan studi tindakan (Action Research) atau PTK (Penilitian Tindakan Kelas) pada siswa kelas III. Dari hasil observasi secara langsung di kelas III yang pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional, siswa cenderung kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dapat dilihat dari saat pelajaran berlangsung. Sebagian siswa masih ada yang hasil belajarnya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Obyek penelitian ini adalah MI Madarijul Huda Kembang dengan populasi 205 siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil satu kelas untuk penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode reading aloud yaitu kelas III yang jumlahnya ada 35 siswa. Setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode reading aloud maka terciptalah suasana pembelajaran yang aktif dan tercipta suasana kelas yang lebih hidup, siswa menjadi lebih aktif dan hasil belajar bisa lebih meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Prestasi hasil belajar dengan penerapan metode reading aloud pada siklus I rata-rata kelas mencapai 76,00 yang semula pada pra siklus mempunyai ratarata 72,00. Pada siklus II rata-rata kelas menjadi 78,20. Dan prosentase ketuntasan siklus I 68,50 % yang semula pra siklus prosentase ketuntasan 48,50%. Pada Siklus II prosentase ketuntasan 85,71%. Dilihat dari tahap demi tahap dapat terbaca adanya peningkatan yang segnifikan. Namun demikian masih terdapat lima siswa yang nilainya masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan karena beberapa hal, diantaranya yaitu siswa memiliki daya ingat yang rendah dan tingkat intelektualitas yang rendah pula. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran dengan menggunakan metode reading aloud, adanya peningkatan prestasi ini dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh . Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru dan orang tua) bahwa dengan menerapkan metode reading aloud prestasi pembelajaran Al Qur’an Hadis dapat ditingkatkan