IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK HASAN AL-BANNA TERHADAP PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs. NAHDLATUL FATA PETEKEYAN TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: ASY’ARI, AHMAD
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1091/1/131310001535%20Ahmad%20Asy%27ari%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1091/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • AHMAD ASY’ARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: konsep pendidikan akhlak menurut Hasan Al-Banna, implementasi konsep pendidikan akhlak Hasan AlBanna terhadap pembelajaran akidah akhlak bagi peserta didik kelas VIII di MTs. Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 dan untuk mengetahui kendala dan solusi dalam implementasi konsep pendidikan akhlak Hasan Al-Banna terhadap pembelajaran akidah akhlak bagi peserta didik kelas VIII di MTs. Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan Pembelajaran Aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia Muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketakwaannya kepada Allah SWT. serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Konsep pendidikan akhlak Hasan Al-Banna terhadap pembelajaran akidah akhlak bagi peserta didik kelas VIII di MTs. Nahdlatul Fata telah diimplemetasikan di madrasah ini. Sebagai contoh ketika mengajarkan keluhuran akhlakul karimah maka hal itu ditunjukkan dalam bentuk pemberian contoh yaitu ketika mengajarkan tentang sabar, tabah, cita-cita dan pengorbanan tidak hanya menyampaikannya secara verbal. Lebih dari itu mereka telah melaksanakan akhlak karimah tersebut. Selain keteladanan di atas yang membedakan pendidikan Al-Banna dari pendidikan lainnya adalah “pengasuhnya adalah bukan mereka yang menyandang gelar master atau doktor, melainkan mereka insan-insan yang mempunyai kualitas iman yang kuat, jujur dan dapat dipercaya.” Dan juga para anggotanya berasal dari semua kalangan, tidak membedakan status sosial mereka, baik itu kaum terpelajar, buruh ataupun para petani.