ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN MEREK MIE SEDAAP (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Tahunan, Dukuh Kauman Dengan Dukuh Bendo Sari)

Main Author: SUSILO, DWI EKO
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1068/1/Halaman%20pertama%20PDF.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1068/2/Skripsi%20PDF.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1068/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Produk mie instan sebagaimana diketahui adalah salah satu produk makanan cepat saji yang semakin lama semakin banyak digemari masyarakat karena kemudahan dalam hal penyajiannya. Oleh karena itu perlu bagi perusahaan untuk menganalisis perilaku konsumen mie instan untuk mengetahui pola pembeliannya. Dengan banyaknya merek mie instan yang ada di pasaran akan mendorong perusahaan bersaing mendapatkan calon konsumen melalui berbagai strategi yang tepat, misalnya mengubah kemasan, warna, aroma, promosi dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan untuk membeli produk mie instan merek mie Sedaap, 2) Untuk mengetahui diantara faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi yang berpengaruh positif dan dominan terhadap keputusan masyarakat untuk membeli produk mie instan merek mie Sedaap. Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan menggunakan sampel sebanyak 80 responden masyarakat didapatkan hasil sebagai berikut: Dari hasil analisis didapatkan bahwa variabel faktor kebudayaan mempunyai nilai t hitung sebesar (5.049). Faktor sosial mempunyai nilai t hitung sebesar (11,698). Faktor pribadi mempunyai nilai t hitung sebesar (6,516) dan Faktor psikologis mempunyai nilai t hitung sebesar (13,751) dapat dijelaskan juga bahwa variabel psikologis (X 4 ) mempunyai nilai t-hitung yang paling besar jika dibandingkan dengan nilai t hitung variabel lainnya. Selain itu juga diketahui koefisien regresi variabel psikologis (X 4 ) yang lebih besar dibandingkan koefisien regresi lainnya. Sehingga hipotesis kedua yang menyatakan bahwa variabel psikologis berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek mie Sedaap teruji secara statistik. secara simultan/bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan (bermakna) terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek mie Sedaap dan variabel psikologis mempunyai hasil analisis diperoleh nilai adjusted R square (R 2 ) sebesar 0,720 hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas (X 1, X 2, X 3, dan X 4 ) secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap variabel terikat Y (keputusan pembelian produk mie instan merek mie sedaap) sebesar 72,20% dan setelah disesuaikan nilai sisanya sebesar 28% dipengaruhi oleh variabel lain.