PENGARUH RASA, MEREK, DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ROKOK DJARUM (Kasus di Desa Kedung Cino Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara)
Main Author: | Himawan, Defa Setya |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1052/1/COVER.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1052/2/SKRIPSI.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1052/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Proses pengambilan keputusan untuk membeli rokok dipengaruhi oleh banyak faktor seperti rasa, merek, dan kemasan. Rokok Djarum memiliki rasa yang enak dan merek yang terkenal serta kemasan yang menarik. Dalam mendiferensiasi produk rokok Djarum selalu menjaga rasa agar tetap enak, menjaga citra merek, dan menginovasi kemasan agar tetap menarik konsumen untuk membeli. Berdasarkan keterangan tersebut, peneliti tertarik untuk mengambil judul: “PENGARUH RASA, MEREK, DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ROKOK DJARUM (Kasus di Desa Kedung Cino Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara)”. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh rasa, merek dan kemasan secara individu dan bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk rokok Djarum di Desa Kedung Cino Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Populasi penelitian adalah seluruh masyarakat di Desa Kedung Cino Kecamatan Jepara yang sudah dewasa (minimal umur 17tahun), berjenis kelamin laki-laki yang mengkonsumsi rokok Djarum. Sampel diambil sebanyak 96 orang. Alat analisis yang digunakan antara lain analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Hasil analisis regresi berganda didapat persamaan Y= 1,348 + 0,363X1 + 0,258X 2+ 0,195X3 , artinya Rasa, Merk, dan Kemasan mempunyai pengaruh positif terhadap Keputusan pembelian produk rokok Djarum. Uji hipotesis dengan uji t untuk rasa diketahui t hitung(5,148) > ttabel (1,658) dan nilai sig (0,000) < 0,05, maka Ha diterima, artinya rasa mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk rokok Djarum. Uji t untuk merk diketahui t hitung(3,797) > ttabel (1,658) dan nilai sig. (0,000) < 0,05, maka Ha diterima, artinya merek mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk rokok Djarum. Uji t untuk kemasan diketahui t hitung(3,319) > ttabel (1,658) dan nilai sig (0,001) < 0,05, maka Ha diterima, artinya kemasan mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk rokok Djarum. Hasil uji F diketahui Fhitung (129,740) > Ftabel (2,37) dan nilai sig. (0,000) < 0,05, maka Ha diterima, berarti secara bersamasama variabel rasa, merk, dan kemasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk rokok Djarum di Desa Kedung Cino Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara.