STUDI ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII DI MTs. DARUL HIKMAH MENGANTI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015
Main Author: | Mardliyah, Tutik |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1045/1/131310000159%20Tutik%20Mardliyah%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1045/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Tutik Mardliyah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi cooperative learning yang dikembangkan di kelas VII MTs. Darul Hikmah Menganti terwujud dalam dua metode yaitu tutor sebaya dan diskusi kelompok yang pelaksanaannya mengacu pada lima komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, materi, metode, media, dan guru serta siswa. Komponen tersebut dirancang dan diarahkan agar dalam pelaksanaannya mampu mencapai hasil yang diharapkan yaitu siswa lebih aktif dan partisipatif dalam pembelajaran. Secara umum metode ini diterapkan melalui 5 tahapan, yakni menyampaikan tujuan, memilih topik pembelajaran, menampilkan informasi, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing dan mengarahkannya serta evaluasi. Pada praktiknya kegiatan pembelajaran fiqih melalui strategi cooperative learning sudah hampir mendekati teori yang ada. Ini dibuktikan dengan persiapan guru dalam proses pembelajaran yang telah melalui tahapan-tahapan seperti yang tersebut diatas. Seperti pada pelaksanaan metode diskusi kelompok, sebelum pembelajaran dimulai guru menentukan tema diskusi, kemudian membagi kelas ke dalam kelompok diskusi Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi pribadi peneliti, para tenaga pengajar, dan semua pihak yang membutuhkannya di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya agar dapat menjalankan tugasnya secara optimal. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Kooperativ, dan Prestasi Belajar Fiqih.