ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA INTERNET ( Studi Kasus Pada Warnet STIENU Jepara )
Main Author: | NASIKHOTIN, UMI |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1029/1/COVER.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1029/2/SKRIPSI%20BAB%20I-V.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1029/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Keseluruhan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan, pada akhirnya akan berakhir pada nilai yang akan diberikan pelanggan mengenai kepuasan yang dirasakan. Kepuasan merupakan tingkat perasaan dimana seseorang menyatakan hasil perbandingan atas kinerja produk atau jasa yang diterima dan yang diharapkan. Dalam era globalisasi ini, perusahaan akan selalu menyadari akan pentingnya faktor pelanggan, oleh karena itu mengukur tingkat kepuasan konsumen sangatlah penting. Warnet STIENU Jepara adalah warnet yang terletak di kampus STIENU Jepara yang mempunyai tujuan untuk memberikan yang terbaik guna memuaskan konsumennya, baik mengenai harga yang terjangkau, pelayanan yang baik, fasilitas yang cukup dan lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen. Perumusan masalah yang akan diteliti adalah apa pengaruh harga, pelayanan, fasilitas dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa internet. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga, pelayanan, fasilitas dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa internet. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga, pelayanan, fasilitas, lokasi dan kepuasan konsumen. Metode pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah accidental samplingyaitu sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Untuk metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, uji t,uji F, dan koefisien determinasi. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan penulis dengan menggunakan SPSS.11, untuk analisis regresi linier berganda diperoleh hasil Y = 0,362X 1+0,244X2+0,539X3-0,386X 4 , Secara parsial : Koefisien variabel harga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, koefisien variabel pelayanan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen, koefisien variabel fasilitas mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, koefisien variabel lokasi mempunyai pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara bersama-sama variabel harga, pelayanan, fasilitas dan lokasi mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen. Sehingga saran yang dapat diberikan adalah dengan menetapkan harga standart yang sesuai dengan kemampuan konsumen, memberikan pelayanan yang baik, menambah fasilitas yang lengkap serta lokasi yang strategis dan nyaman dengan tujuan supaya konsumen merasa puas menggunakan jasa internet di warnet STIENU Jepara.