ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENETAPAN STRATEGI BERSAING PADA PO. SHANTIKA DI NGABUL KABUPATEN JEPARA
Main Author: | MABRUROH, SITI |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1020/1/cover%201.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1020/2/BAB%20I-V.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1020/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Di Jepara masalah yang dihadapi perusahaan jasa transportasi darat pada hakekatnya adalah terjadinya krisis ekonomi, yang berakibat pada kenaikan harga barang yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha. Untuk dapat mempertahankan kelangsungan usahanya dan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya yang sejenis, maka perusahaan Po. Shantika di Ngabul kabupaten Jepara perlu mengembangkan strategi bersaing yang digunakannya. Hal ini diperlukan, karena kondisi persaingan dan lingkungan bisnis selalu berkembang dan berubah-ubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, setidaknya perusahaan Po. Shantika Ngabul kabupaten Jepara akan mampu mempertahankan posisinya, bahkan untuk menumbuhkan pangsa pasar dimasa yang akan datang secara efektif dan efisien. Bagaimana strategi bersaing yang dilakukan oleh Po. Shantika di Ngabul kabupaten Jepara dengan menggunakan analisis SWOT, SAP dan ETOP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi bersaing yang dilakukan oleh Po. Shantika di Ngabul kabupaten Jepara dengan menggunakan analisis SWOT, SAP dan ETOP. Penelitian yang berkaitan dengan strategi bersaing, dengan mengambil objek pada perusahaan jasa transportasi Po. Shantika di Ngabul kabupaten Jepara. Dalam menentukan posisi strategi bersaing menggunakan Analisi SWOT, SAP dan ETOP. Variabel internal yang terdiri dari kualitas produk, ketrampilan karyawan, fasilitas, tempat, harga, pelayanan, promosi dan citra perusahaan. Variabel eksternal yang terdiri dari pendapatan penduduk, penguasaan pasar, perkembangan teknologi, kebijakan pemerintah, keberadaan pesaing dan kemampuan menjalin kerjasama. Hasil penelitian diketahui posisi perusahaan Po. Shantika di Ngabul kabupaten Jepara dalam matrik SWOT adalah posisi investasi. Hal ini didasarkan dari nilai SAP sebesar 3,4 berada di posisi kuat, sedangkan nilai ETOP pada EOE sebesar 3,9 dan ETE 3,5 berada pada usaha spekulatif. Maka perusahaan Po. Shantika berada pada posisi investasi yaitu posisi perusahaan yang mempunyai alternative strategi atau strategi pertumbuhan, Strategi pertumbuhan adalah pertumbuhan produk dan atau jasa dan atau pemrosesan dan atau pemasaran bercirikan permintaan melebihi persediaan, peningkatan kapasitas produksi, menerima pesanan, sedikit promosi, upaya penjualan yang kecil, pesaing memasuki pasar. Sehingga implikasi strategi yang dapat dijalankan Po. Shantika adalah menambah jumlah armada, menambah pada jalur eksekutif dan menggunakan transaksi jual beli tiket jasa tranportasi Po. Shantika di Ngabul kabupaten Jepara dengan cara online.