ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KARAKTERISTIK KATEGORI PRODUK, DAN PENGALAMAN ATAS PRODUK TERHADAP PERPINDAHAN MEREK HANDPHONE (Studi pada Mahasiswa STIENU Jepara)
Main Author: | KHASANAH, NURUL AMALIATUL |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1015/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1015/2/BAB%20I-V.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1015/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Memasuki era globalisasi ditandai dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan semakin ketatnya persaingan. Dengan berkembangnya zaman maka peranan pemasaran dewasa ini memegang peranan yang sangat penting saat ini. Dalam penelitian ini permasalahan yang akan dibahas adalah adakah pengaruh variabel ketidakpuasan konsumen, karakteristik kategori produk, pengalaman atas produk terhadap variabel keputusan perpindahan merek. Populasi yang dipergunakan adalah mahasiswa STIENU Jepara, sedangkan sampelnya adalah 82 responden, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling . Jenis data yang dipergunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, observasi dan kuesioner. Alat analisa yang dipergunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini adalah ketidakpuasan konsumen mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek. Dengan demikian hipotesis diterima. Karakteristik kategori produk mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek. Dengan demikian hipotesis diterima. Pengalaman atas produk mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek. Dengan demikian hipotesis diterima. Ketidakpuasan konsumen, karakteristik kategori produk dan pengalaman atas produk secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh positif antara ketidakpuasan, karakteristik kategori produk dan pengalaman atas produk terhadap keputusan perpindahan merek dapat diterima.