PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATTIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SUMANNA KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR
Main Author: | ABRINA, MAULIDNAWATI JUMRAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/985/1/ABRINA%20MAULIDNAWATI%20JUMRAH%20%202015.doc http://eprints.unm.ac.id/985/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK ABRINA MAULIDNAWATI. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think PairShare (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar . (dibimbing oleh Prof. Dr. Suradi Tahmir, M.S. dan Dr. Herman, M.Si). Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Sahare (TPS) pada siswa kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Permasalahan yang dikaji yaitu: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Pada Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar? (2) Bagaimanakah hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)?(3) Apakah hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar dapat ditingkatkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)? Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar (2) Untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: (1) Perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Sumanna yang berjumlah 24 orang penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk guru dan siswa, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif Deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran IPS di Kelas V Sd Negeri Sumanna dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share (TPS)dimana siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran sehingga konsep materi lebih mudah untuk dipahami,(2) hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri sumanna pada siklus pertama, nilai rata- ratanya mencapai 71,54 dalam kualifikasi baik. Dari 24 siswa yang telah berhasil mencapai batas ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa (67 %) sedangkan siswa yang belum tuntas belajar adalah 8 siswa (33%). Hasil tes siklus pada siklus kedua, rata- ratanya mencapai 79.08 % dan berada dalam kategori sangat baik. Dari 24 orang siswa, semuanya telah berhasil mencapai batas ketuntasan belajar yaitu (100 %) ,(3) hasil belajar IPS Siswa kelas V dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) telah meningkatkan hasil belajar IPS khususnya pada tema Peristiwa Sekitar Proklamasi kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Example Non Examples dan Tes Hasil Belajar IPS