PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN UJI DIRI DI SMK AKADEMI MARITIM INDONESIA MAKASSAR

Main Authors: Arfanda Elisano, Poppy, Baharuddin, Baharuddin
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/9734/1/Vol%20VII%20Nomor%202%20-%20%20Poppy.pdf
http://eprints.unm.ac.id/9734/
Daftar Isi:
  • Abstrak : Tujuan penelitian yaitu dengan adanya alat bantu dalam pembelajaran Kayang dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK AMI Makassar. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis PTK yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Sementara fokus penelitian adalah pengembangan model kayang dan hasil belajar siswa kelas XII AP SMK AMI Makassar. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII AP SMK AMI Makasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaituobservasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori cukup dan meningkat menjadi kategori baik di siklus II. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan model Kayang dengan alat bantu Gymball dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes siswa SMK AMI Makassar.