Pengembangan media pembelajaranInteraktif Power Point Ispring Suite 8 padakonsepsistemekskresidi SekolahMenengahAtas

Main Author: Kusuma, Nur Risnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/9707/1/artikel%20semnasku%20-%20Copy.pdf
http://eprints.unm.ac.id/9707/
Daftar Isi:
  • NurRisnawatiKusuma. 2018. (dibimbingolehdan) Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitiandanpengembangan (R&D)yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaranInteraktifPower Point Ispring Suite 8 yang bersifat valid, praktisdanefektif, padakonsepsistemekskkresi.Tahappenelitiandanpengembanganinimengacupada model pengembangan ADDIE yang terdiriatas 5 tahapyaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Instrumenpenilaianterdiriatastigayaitu (1) instrumenkevalidanberupainstrumenpenilaiankevalidan media pembelajaraninteraktifPower Point Ispring Suite 8daninstrumenpenilaiankevalidanangket, (2) instrumenkepraktisanberupaangketrespon guru danresponpesertadidikterhadap mediapembelajaranInteraktifPower Point Ispring Suite 8, dan (3) instrumenkeefektifanberupahasilbelajarpesertadidik. Berdasarkananalisis data, diperolehrata-rata kevalidan media yaitu 4,13 (valid). Kepraktisan media diperolehrespon guru sebesar93,40 % (sangatkuat) danresponpesertadidiksebesar 91,40% (sangatkuat). Media Pembelajarantelahmemenuhikriteriakeefektifanyaitu 92 % pesertadidik mencapai nilai ketuntasan belajar. PeningkatanhasilbelajarBiologi berdasarkan analisis gain ternormalisasi yang diperolehyaitu 0,79 (kategoritinggi). Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwa media pembelajaranBiologiinteraktifPower Point Ispring Suite 8yang dikembangkanbersifat valid, praktis, danefektif. Kata Kunci:penelitianpengembangan, media pembelajaranInteraktif, Biologi, Ispring Suite 8