Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Gowa Kabupaten Gowa

Main Author: SURYANINGSIH,
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/9492/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Gowa Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Gowa yaitu 41 Orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, dokumetasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orangtua dinyatakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Gowa Kabupaten Gowa. Tingkat perhatian orangtua peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Gowa Kabupaten Gowa berada pada kategori tinggi, diukur dari hasil analisis deskrptif tentang variabel perhatian orangtua secara umum. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Gowa Kabupaten Gowa berada pada kategori tinggi dilihat dari hasil analisis data deskriptif hasil belajar dengan 3 indikator yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orangtua terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Gowa Kabupaten Gowa dimana pengaruh yang ditunjukkan adalah “sedang”.