Interferensi Morfologi Bahasa Bugis terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa Daerah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Cenrana Kabupaten Maros
Main Author: | HASIAWATI, HASIAWATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/9442/1/ARTIKEL%20HASIAWATI%201655045024.pdf http://eprints.unm.ac.id/9442/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mendeskripsikan bentuk-bentuk interferensi morfologi bahasa Bugis terhadap penggunaan bahasa Indonesia dalam pempelajaran bahasa daerah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Cenrana Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan metode simak. Teknik ini memiliki teknik dasar yang berwujud teknik sadap. Teknik simak dalam penelitian ini berupa simak bebas libat cakap, catat, dan rekam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat data interferensi morfologi bahasa Bugis morfologi terhadap penggunaan bahasa Indonesia dalam komunikasi di kelas oleh guru dan siswa. Hasil simakan, pencatatan, dan rekaman yang menunjukan adanya interferensi dalam proses pembelajaran bahasa daerah di kelas VIIIa SMP Negeri 25 Cenrana. Berupa bentuk-bentuk interferensi yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa daerah kelas VIIIa SMP Negeri 25 Cenrana meliputi interferensi dalam bidang morfologis berupa (1) penggunaan proklitik na-, (2) penggunaan enklitik-ji, (3) penggunaan enklitik -mi, (4) penggunaan enklitik -ki, (5) penggunaan enklitik -kaq, (6) penggunaan enklitik -pi dan (7) penggunaan enklitik –i. Kata Kunci : Interferensi,Morfologi,Bahasa Bugis,Penggunaan,Bahasa Indonesia,Pembelajaran,Bahasa Daerah, Siswa Kelas VII,SMP Negeri 25 Cenrana,Kabupaten Maros.