Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Kearsipan Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola perkantoran di SMK Negeri 1 Barru
Main Author: | Lindayani, Lindayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/9360/1/LINDAYANI.pdf http://eprints.unm.ac.id/9360/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Kearsipan Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Barru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan pengaruh variabel X terhadap varibel Y. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 peserta didik, dengan sampel sebesar 82 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, angket, observasi dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis datanya menggunakana statistik deskriptif serta teknik analisis statistik infrensial yaitu Analisis Regresi Linear Sederhana Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan laboratorium memiliki pengaruh terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada mata Pelajaran Kearsipan Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Barru, berada dalam kategori Tinggi hal ini dapat ditinjau dari hasil Analisis Regresi Linear sebesar 61,88 %. Serta diperoleh hasil t hitung > t tabel yaitu 11,3>1,667 maka Ho di tolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan laboratorium terhadap prestasi belajar. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan laboratorium terhadap prestasi belajar dengan nilai t hitung> t tabel nilai 11,3 > 1,67.