Efektivitas Psikoedukasi terhadap, penyesuaian diri anak binaan Lapas kelas 1 Makassar
Main Author: | M. Irwan, M. Irwan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/9329/1/BAB%201%20PSIKOEDUKASI.pdf http://eprints.unm.ac.id/9329/ |
Daftar Isi:
- Anak lapas digolongkan ke dalam golongan anak rentan yang diamanatkan dalam undang-undang wajib diberikan perlindungan khusus yakni Pasal 59 UU No.23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Namun salah satu Hak yang semestinya diperoleh dan sangat penting tidak diberikan yakni pelayanan konseling dikarenakan tidak adanya staf ahli unutuk layanan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi terhadap peningkatan penyesuaian diri anak binaan Lapas kelas 1 Makassar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah tahanan anak Lapas kelas 1 Makassar dengan kasus pencurian sebanyak 23 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wilcoxon Match Pairs Test dengan bantuan SPSS 21.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0, dengan nilai signifikansi (p = 0,000 < 0,005). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa psikoedukasi efektif terhadap peningkatan penyesuaian diri anak binaan Lapas. Tujuan penelitian ini yaitu sebagai acuan bagi Lapas dalam menerapkan sistem pembinaan yakni memfasilitasi layanan psikologi dengan memberikan layanan psikoedukasi terhadap warga binaan Lapas khususnya Anak-anak. Kata kunci: Psikoedukasi, penyesuaian diri