Kemampuan Menulis Wacana Deskripsi Bahasa Bugis Melalui Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Watansoppeng

Main Author: DWI SANDI, ERIL
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/9306/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis wacana deskripsi bahasa Bugis berdasarkan aspek isi, organisasi, tata bahasa, diksi, dan ejaan dan tanda baca. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Watansoppeng. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 87 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, yaitu siswa ditugasi membuat wacana deskripsi bahasa Bugis melalui media gambar menggunakan huruf lontaraq. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis wacana deskripsi bahasa Bugis melalui media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Watansoppeng berada dalam kategori tidak mampu. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil penilaian secara keseluruhan siswa sampel yang berjumlah 87 orang, yang memperoleh nilai sesuai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 yang ditetapkan sekolah hanya 63 orang dengan persentase 72,41%. Hal ini dapat dilihat dari hasil kerja siswa dari setiap aspek sebagai berikut: (1) Kemampuan mengembangkan isi wacana deskripsi bahasa Bugis melalui media gambar dikategorikan mampu dengan persentase 86,21% (2) Kemampuan mengorganisasikan wacana deskripsi bahasa Bugis melalui media gambar dikategorikan mampu dengan persentase 81,61% (3) Kemampuan menggunakan tata bahasa pada wacana deskripsi bahasa Bugis melalui media gambar dikategorikan mampu dengan persentase 81,61% (4) Kemampuan menggunakan diksi dalam menulis wacana deskripsi bahasa Bugis melalui media gambar dikategorikan tidak mampu dengan persentase 68,97%, dan (5) Kemampuan menggunakan ejaan dan tanda baca dalam menulis wacana deskripsi bahasa Bugis melalui media gambar dikategorikan tidak mampu dengan persentase 45,98%.