PeningkatanHasilBelajarSiswaPada Mata PelajaranEkonomiMelalui Model PembelajaranKooperatifTipe Snowball Thrwoing Di Kelas X SMA Negeri 1 LamasiKabupatenLuwu

Main Author: Hardianti., Yusnita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/9303/1/YUSNITA%201.pdf
http://eprints.unm.ac.id/9303/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research),bertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarpesertadidikdenganmelaluipenerapan Model PembelajaranKooperatifTipe Snowball Throwing di SMA Negeri 1 LamasiKabupatenLuwuberjumlah 32 orang pesertadidik yang terdiridari 9 laki-lakidan 23 orang perempuan. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahtesakhirsetiapsiklusdanlembarobservasiuntukRanahAfektifdanPsikomotorik.Data dianalisisseacarakuantitatifdankualitatifmenggunakanUji Gain. Hasilsetelahpenerapan Model PembelajaranKooperatifTipe Snowball Throwing dilaksanakan, aktivitas yang diamatidarisiklus I kesiklus II mengalamipeningkatandimananilai rata-rata hasilpemberianpadasoalpre testsebesar 52,96% kemudianpadasiklus I meningkatmenjadi 60,78%, selanjutnyapadapemberiansoalpre testuntuksiklus II sebesar70,62% danmeningkatmenjadi 86,80 % di siklus II. Dan untukRanahAfektif, Siklus I hanyamencapai 65,83% kemudianpadasiklus II meningkatmenjadi 85,34%. BegitujugahasilbelajarbelajarRanahPsikomotorik, siklus I mencapai 60,40% kemudianmeningkatmenjadi 88,37%. BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwahasilbelajarekonomipesertadidikKelas X SMA Negeri 1 LamasiKabupatenLuwumengalamipeningkatan yang signifikanmelaluipenerapan model pembelajaranKooperatifTipe Snowball Throwing.Untukitu di sarankan agar model pembelajaranKooperatifTipe Snowball Throwingmenjadisalahsatu alternative yang dapatditerapkanpadamatapelajaranEkonomi. Kata Kunci: Model Pembelajaran KooperatifTipe Snowball Throwing, Hasil Belajar, Ekonomi, Siswa SMA.