Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bantaeng

Main Author: RAHMI BURHANUDDIN, NURUL
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/9288/
ctrlnum 9288
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/9288/</relation><title>Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bantaeng</title><creator>RAHMI BURHANUDDIN, NURUL</creator><subject>FISIKA (S2)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) mendeskripsikan keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, (3) mendeskripsikan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (4) mendeskripsikan keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (5) menganalisis lebih jauh pencapaian pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (6) menganalisis lebih jauh pencapaian keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitan kuasi eksperimen dengan desain the randomized posttest only control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bantaeng terdiri dari lima kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 157 orang, sedangkan sampel diambil dengan teknik pengacakan kelas sehingga terpilih Kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel masing-masing 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori sangat tinggi., (2) pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori tinggi., (3) keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori sangat tinggi., (4) keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori tinggi., (5) pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dan, (6) keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> RAHMI BURHANUDDIN, NURUL (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bantaeng. S2 thesis, PPS. </identifier><recordID>9288</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author RAHMI BURHANUDDIN, NURUL
title Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bantaeng
publishDate 2016
topic FISIKA (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/9288/
contents Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) mendeskripsikan keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, (3) mendeskripsikan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (4) mendeskripsikan keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (5) menganalisis lebih jauh pencapaian pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (6) menganalisis lebih jauh pencapaian keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitan kuasi eksperimen dengan desain the randomized posttest only control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bantaeng terdiri dari lima kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 157 orang, sedangkan sampel diambil dengan teknik pengacakan kelas sehingga terpilih Kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel masing-masing 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori sangat tinggi., (2) pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori tinggi., (3) keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori sangat tinggi., (4) keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori tinggi., (5) pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dan, (6) keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
id IOS3399.9288
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-07-10T01:20:36Z
last_indexed 2018-07-10T01:20:36Z
recordtype dc
_version_ 1764483761450254336
score 17.538404