Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X.1 SMA Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap

Main Author: Kandow, Dian Novitasari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/9223/1/Kesimpulan1.pdf
http://eprints.unm.ac.id/9223/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang aktivitas peserta didik, aktivitas pendidik, hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran ekonomi dan juga untuk mendapatkan gambaran tentang respon peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray . Sesuai dengan tujuan penelitian, maka subjek dari penelitian ini adalah Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan proses penelitian (a). Merencanakan tindakan, (b). Melaksanakan tindakan pada siklus I dan siklus II, (c). Mengadakan penelitian/pengamatan selama berlangsungnya siklus I dan siklus II, (d). Mengadakan evaluasi akhir tiap siklus, (e). Menganalisis data hasil evaluasi dan hasil pengamatan, (f). Mengadakan refleksi berdasarkan hasil analisis dan tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan Hasil yang diperoleh yaitu: (1) Hasil belajar ekonomi peserta didik pada materi kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi menunjukkan peningkatan yang signifikan berdasarkan hasil tes yang dilakukan peserta didik pada siklus I dan siklus II. (2) Hasil analisis kualitatif manunjukkan adanya perubahan peningkatan ke hal yang lebih baik yang terjadi pada aktivitas siswa dan aktivitas pendidik selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi. Berdasarkan analisis data diatas maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X.1 SMA Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap. Kata Kunci: Model Pembelajar Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar.