PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 1 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG ; THE INFLUNCE OF STUDENTS’ EMOTIONAL INTELLIGENCE AND PARENTS’ PARTICIPATION ON STUDENTS’ LEARNING RESULTS IN SOCIAL SCIENCES SUBJECT IN GRADE VIII AT SMPN MARIORIWAWO IN SOPPENG DISTRICT

Main Author: MEGAWATI, MEGAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/9021/1/ARTIKEL%20MEGAWATI.docx
http://eprints.unm.ac.id/9021/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Dalam penelitian ini ada tiga rumusan masalah adalah (i) Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng ? (ii) Apakah ada pengaruh partisipasi orang tua terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng? (iii) Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional siswa dan partisipasi orang tua secara simultan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 90 siswa. Teknik Analisi Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng adalah memiliki pengaruh signifikan. Kedua, Pengaruh partisipasi orang tua terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng adalah memiliki pengaruh signifikan. Ketiga, hasil uji simultan menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa dan partisipasi orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Kata kunci : kecerdasan emosional siswa, partisipasi orang tua, hasil belajar siswa.