Efektivitas Penerapan Fungsi Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulaun

Main Author: Damanik, Elida Puri Handayani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8997/1/Bab%20I.pdf
http://eprints.unm.ac.id/8997/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Fungsi Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (PANGKEP). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan deskripsi fokus pada fungsi pemahaman, fungsi preventif, fungsi pengembangan, fungsi penyembuhan, fungsi penyaluran, fungsi adaptasi, fungsi penyesuaian, fungsi perbaikan, fungsi fasilitasi dan fungsi pemeliharaan. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak lima orang yang terdiri dari kepala sekolah, satu orang guru bimbingan dan konseling, dan tiga orang anak binaan bimbingan dan konseling. Penetapan informan ini dilakukan melalui teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Fungsi Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (PANGKEP) cukup efektif, ditinjau dari kegiatannya menerapkan kesepuluh fungsi bimbingan dan konseling yaitu fungsi pemahaman, fungsi preventif, fungsi pengembangan, fungsi penyembuhan, fungsi penyaluran, fungsi adaptasi, fungsi penyesuaian, fungsi perbaikan, fungsi fasilitasi dan fungsi pemeliharaan.