Prinsip-Prinsip Pelayanan Kesehatan Pasien Pengguna Kartu BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru Kabupaten Bone

Main Author: Asmi,
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8967/
ctrlnum 8967
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/8967/</relation><title>Prinsip-Prinsip Pelayanan Kesehatan Pasien Pengguna Kartu BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru Kabupaten Bone</title><creator>Asmi, </creator><subject>Ilmu Administrasi Negara</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prinsip-Prinsip Pelayanan Kesehatan Pasien Pengguna Kartu BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru Kabupaten Bone. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa pelayanan Kesehatan Pasien Pengguna kartu BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum daerah Tenriawaru Kabupaten Bone yang berdasarkan indikator prinsip pelayanan publik (MENPAN No 63 Tahun 2003), yang meliputi 10 aspek untuk menilai kualitas pelayanan kesehatan: 1) Kesederhanaan, 2) Kejelasan, 3) Kepastian Waktu, 4) Akurasi, 5) Keamanan, 6) Tanggung Jawab, 7) Kelengkapan Sarana dan prasarana, 8) Kemudahan Akses, 9) Kedisiplinan, Kesopanan, dan Keramahan 10) Kenyamanan. Pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit umum daerah Tenriawaru Kabupaten Bone secara keseluruhan sudah cukup berkualitas, dilihat dari keseluruhan proses pelayanan yang diberikan, serta kesepuluh indikator penilaian kualitas pelayanan kesehatan, yang menjadi permasalahan hanya terdapat empat aspek yaitu kejelasan, tanggung jawab, dan kelengkapan sarana dan prasarana serta kedisiplinan, kesopanan dan keramahan yang penyedia layanannya kurang baik, sementara dari indikator kesederhanaan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, kemudahan akses, serta kenyamanan sudah baik, sehingga penerapan prinsip-prinsip pelaynan kesehatan di Rumah sakit Umum Daerah Tenriawaru Kabupaten Bone sudah menunjukkan kualitas yang cukup baik.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Asmi, (2016) Prinsip-Prinsip Pelayanan Kesehatan Pasien Pengguna Kartu BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru Kabupaten Bone. S1 thesis, FIS. </identifier><recordID>8967</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Asmi,
title Prinsip-Prinsip Pelayanan Kesehatan Pasien Pengguna Kartu BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru Kabupaten Bone
publishDate 2016
topic Ilmu Administrasi Negara
url http://eprints.unm.ac.id/8967/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prinsip-Prinsip Pelayanan Kesehatan Pasien Pengguna Kartu BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru Kabupaten Bone. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa pelayanan Kesehatan Pasien Pengguna kartu BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum daerah Tenriawaru Kabupaten Bone yang berdasarkan indikator prinsip pelayanan publik (MENPAN No 63 Tahun 2003), yang meliputi 10 aspek untuk menilai kualitas pelayanan kesehatan: 1) Kesederhanaan, 2) Kejelasan, 3) Kepastian Waktu, 4) Akurasi, 5) Keamanan, 6) Tanggung Jawab, 7) Kelengkapan Sarana dan prasarana, 8) Kemudahan Akses, 9) Kedisiplinan, Kesopanan, dan Keramahan 10) Kenyamanan. Pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit umum daerah Tenriawaru Kabupaten Bone secara keseluruhan sudah cukup berkualitas, dilihat dari keseluruhan proses pelayanan yang diberikan, serta kesepuluh indikator penilaian kualitas pelayanan kesehatan, yang menjadi permasalahan hanya terdapat empat aspek yaitu kejelasan, tanggung jawab, dan kelengkapan sarana dan prasarana serta kedisiplinan, kesopanan dan keramahan yang penyedia layanannya kurang baik, sementara dari indikator kesederhanaan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, kemudahan akses, serta kenyamanan sudah baik, sehingga penerapan prinsip-prinsip pelaynan kesehatan di Rumah sakit Umum Daerah Tenriawaru Kabupaten Bone sudah menunjukkan kualitas yang cukup baik.
id IOS3399.8967
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-06-01T00:36:31Z
last_indexed 2018-06-01T00:36:31Z
recordtype dc
_version_ 1764483760311500800
score 17.538404