KARAKTERISTIK PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU SMA DITINJAU DARI PERSFEKTIF KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Main Author: Khaeruddin, Khaeruddin
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8709/1/Seminar%20Nasional%20UNEJ.pdf
http://eprints.unm.ac.id/8709/
ctrlnum 8709
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/8709/</relation><title>KARAKTERISTIK PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU SMA DITINJAU DARI PERSFEKTIF KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS</title><creator>Khaeruddin, Khaeruddin</creator><subject>PENDIDIKAN FISIKA - (S1)</subject><subject>FMIPA</subject><subject>KARYA ILMIAH DOSEN</subject><description>Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran guru SMA se Kota Makassar ditinjau dari Konsep Keterampilan Berpikir Kritis. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti melakukan analisis dokumen perangkat pembelajaran guru fisika sebanyak 31 orang yang tersebar pada enam sekolah di kota Makassar meliputi RPP, LKS, buku Siswa, dan soal semester. Dokumen perangkat pembelajaran guru digunakan untuk menganalisis karakteristik pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum menskenariokan dalam pembelajaran, yaitu: authentic Investegation (Science Processes Skills) dan Collaboration. Selain itu, perangkat pembelajaran meliputi RPP, buku siswa, LKS, dan soal sebagian besar belum meransang berkembangnya keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, pemecahan masalah. Padahal dalam menyusun dan menyiapkan pembelajaran perlunya melibatkan siswa dalam berpikir kritis seperti penalaran dan analisis (Siegel, 1988; Perkins, Jay &amp; Tishman, 1993; Ennis, 1996). Hal ini penting karena menurut Michael Scriven menyatakan bahwa tugas utama pendidikan adalah melatih siswa dan atau mahasiswa untuk berpikir kritis karena tuntutan pekerjaan dalam ekonomi global, kelangsungan hidup secara demokratis dan keputusan pribadi serta keputusan dalam masyarakat yang semakin kompleks memerlukan orang yang bisa berpikir dengan baik dan membuat penilaian yang baik (Jennifer. H, 1998). Oleh karena itu, perlunya guru menskenariokan di dalam perangkat pembelajaran seperti: driving question or problem, authentic Investegation: Science Processes Skills, collaboration, dan discussion.</description><date>2013-03-31</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/8709/1/Seminar%20Nasional%20UNEJ.pdf</identifier><identifier> Khaeruddin, Khaeruddin (2013) KARAKTERISTIK PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU SMA DITINJAU DARI PERSFEKTIF KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. In: Seminar Nasional MIPA dan Pembelajaran MIPA, 31 Maret 2013, Universitas Negeri Jember. </identifier><recordID>8709</recordID></dc>
language eng
format Journal:Proceeding
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Khaeruddin, Khaeruddin
title KARAKTERISTIK PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU SMA DITINJAU DARI PERSFEKTIF KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
publishDate 2013
topic PENDIDIKAN FISIKA - (S1)
FMIPA
KARYA ILMIAH DOSEN
url http://eprints.unm.ac.id/8709/1/Seminar%20Nasional%20UNEJ.pdf
http://eprints.unm.ac.id/8709/
contents Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran guru SMA se Kota Makassar ditinjau dari Konsep Keterampilan Berpikir Kritis. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti melakukan analisis dokumen perangkat pembelajaran guru fisika sebanyak 31 orang yang tersebar pada enam sekolah di kota Makassar meliputi RPP, LKS, buku Siswa, dan soal semester. Dokumen perangkat pembelajaran guru digunakan untuk menganalisis karakteristik pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum menskenariokan dalam pembelajaran, yaitu: authentic Investegation (Science Processes Skills) dan Collaboration. Selain itu, perangkat pembelajaran meliputi RPP, buku siswa, LKS, dan soal sebagian besar belum meransang berkembangnya keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, pemecahan masalah. Padahal dalam menyusun dan menyiapkan pembelajaran perlunya melibatkan siswa dalam berpikir kritis seperti penalaran dan analisis (Siegel, 1988; Perkins, Jay & Tishman, 1993; Ennis, 1996). Hal ini penting karena menurut Michael Scriven menyatakan bahwa tugas utama pendidikan adalah melatih siswa dan atau mahasiswa untuk berpikir kritis karena tuntutan pekerjaan dalam ekonomi global, kelangsungan hidup secara demokratis dan keputusan pribadi serta keputusan dalam masyarakat yang semakin kompleks memerlukan orang yang bisa berpikir dengan baik dan membuat penilaian yang baik (Jennifer. H, 1998). Oleh karena itu, perlunya guru menskenariokan di dalam perangkat pembelajaran seperti: driving question or problem, authentic Investegation: Science Processes Skills, collaboration, dan discussion.
id IOS3399.8709
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-06-01T00:36:28Z
last_indexed 2018-06-01T00:36:28Z
recordtype dc
_version_ 1764483759558623232
score 17.538404