Pengembangan Media Pembelajaran Las Busur Manual Berbasis Macromedia Flash Profesional 8 Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Bungoro
| Main Authors: | Wahono, Dadan, Rais, Muhammad, Fiskia Rera, Baharuddin |
|---|---|
| Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
| Bahasa: | eng |
| Terbitan: |
, 2018
|
| Subjects: | |
| Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/8661/1/Artikel%20Dadan%20Wahono_Muhammad%20Rais_Fiskia%20Rera.pdf http://eprints.unm.ac.id/8661/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pengembangan, kualitas dan efektifitas media pembelajaran berbasis macromedia flash professional 8 pada mata pelajajaran las busur manual di jurusan teknik pengelasan SMK Negeri 2 Bungoro. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey dengan tiga tahapan yaitu; tahap identifikasi, pengembangan, dan tahap ujicoba dan evaluasi. Ujicoba dilakukan pada ahli validasi dan guru mata pelajaran untuk mengetahui tingkat kelayakan desain media yang menarik dan kesesuaian materi pelajaran, kemudian direvisi hingga produk tersebut dinyatakan layak untuk digunakan. Ujicoba lapangan dan pengumpulan data dalam bentuk One-group pretest-postest, untuk mengetahui tingkat kualitas dan efektifitas media pembelajran dengan sampel penelitian siswa kelas XI TPL 1 sebanyak 27 orang. Efektifitas media pembelajaran dapat dilihat dari peningkatan hasil belajara siswa dari pretest dengan rata-rata hanya 45,46% dan posttest diperoleh siswa dengan rata-rata sebesar 77,69%. Sedangkan untuk kualitas media pembelajaran dikategorikan memiliki kategori baik menurut pendapat guru (92,5%) sebagai pengguna media pembelajaran, dan siswa (86,49%) sebagai objek ujicoba, melalui angket. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran terkhusus macromedia flash lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran las busur manual siswa kelas XI TPL 1 jurusan teknik pengelasan SMK Negeri 2 Bungoro.
