KarakteristikKalimatLangsungdanKalimatTidakLangsungdalamTeksBeritaTulisan SiswaKelas VIII SMP Negeri 26 Makassar
Main Author: | CHALIZAH, NURUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/8630/1/ARTIKEL.docx http://eprints.unm.ac.id/8630/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankarakteristikkalimatlangsungdankalimattidaklangsungdalamteksberitasiswakelas VIII SMP Negeri 26 Makassar.Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitiankualitatifdengandesainpenelitianyaitukualitatifdeskriptif. Data yang dimaksuddalampenelitianiniadalahkarakteristikkalimatlangsungdankalimattidaklangsungdalamteksberitasiswakelas VIII SMP Negeri 26 Makassar.Sumber data dalampenelitianiniadalahteksberitasiswakelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Teknikpengumpulan data yang dilakukanadalahteknikcatat (menulisteksberita). Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahtesunjukkerja, yaitumenulisteksberitasiswa yang didalamnyasiswamemunculkankalimatlangsungdankalimattidaklangsungdenganteknikanalisis data kualitatifdeskriptifinterpretatif. Hasilpenelitian yang diperolehmenunjukkanbahwakarakteristikkalimatlangsungdankalimattidaklangsungdalamteksberitasiswakelas VIII SMP Negeri 26 Makassar bervariasiatauberbeda-beda. Hal iniditunjukkandalampenulisankalimatlangsungdankalimattidaklangsung yang terdapatdalamteksberita yang ditulisolehsiswa, adabeberapa yang sesuaidanmemenuhisyaratdariciridankaidahpenggunaankalimatlangsungdankalimattidaklangsung. Padakalimatlangsung, penggunaanpengiring “ujar” digunakansiswasebagaipenekanankalimat yang dilisankan, sedangkanpadakalimattidaklangsungpenggunaanfrasa “mengatakanbahwa” yang menunjukkanpenyampaiankembalipernyataanlangsungoleh orang lain sertapenggunaan kata sambungdan kata tugassebagaipelengkapdalamkalimattidaklangsung yang ditulisolehsiswa. Kata Kunci: KalimatLangsung, KalimatTidakLangsung, TeksBerita