Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students Team Achivement Division) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VII8 SMP Negeri 1 PINRANG”
Main Author: | SELVIANA, SELVIANA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/8583/1/SELVI.pdf http://eprints.unm.ac.id/8583/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran koopeatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPSstandar kompetensi Usaha Manusia Dalam memenuhi kebutuhannya di SMP Negeri 1 Pinrang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat deskriptif,dimana setting dan subjek penelitian di lakukan di kelas VII6 yang berjumlah 49 orang siswa SMP Negeri 1 Pinrang.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu :perencanaan (planning), pelaksanaan (tindakan), pengamatan (observasi), dan refleksi. Dengan meningkatnya hasil belajar IPS jumlah rata-rata nilai tes pada siklus I Dari kategori cukup yaitu 78,27 Persen meningkat menjadi82,31 persen baik yaitu pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelasVII6 SMP Negeri 1 Pinrang