Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Lakiyung Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa
Main Author: | WAHYUNINGSIH, WAHYUNINGSIH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/8484/1/JURNAL.docx http://eprints.unm.ac.id/8484/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan model tutor sebaya, hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran serta mengetahui pengaruh penggunaan model tutor sebaya terhadap hasil belajar IPS di SD Inpres Lakiyung Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan Quasi Eksperimen dengan desain pretest-possttest control group design. Teknik mengumpulkan data yaitu observasi dan tes hasil belajar. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berada di SD Inpres Lakiyung yang terdiri dari dua rombel dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Teknik penyampelan yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas IVa dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas IVb dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model tutor sebaya yang terdiri dari tahap pemilihan materi, pengelompokan dan penentuan siswa sebagai tutor, pembagian materi, memberi waktu persiapan, presentasi materi tiap kelompok, mentor memantau pada saat ulangan praktik pada umumnya terlaksana dengan baik berdasarkan hasil dan pelaksanaannya. (2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Inpres Lakiyung berada pada kategori rendah, baik pada kelompok eksperimen maupun pada kelompok kontrol (pretest). Setelah pemberian posttest dilakukan maka terjadi peningkatan hasil belajar yang berada pada kategori tinggi di kelompok eksperimen sedangkan kelompok kontrol berada pada kategori sedang. (3) Penggunaan model tutor sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Lakiyung Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.