Komparasi Model PembelajaranProbing Prompting dan Model Problem Based Learning DitinjaudariHasilBelajarSiswaKelas VIII SMP Negeri 1 CempaKabupatenPinrang

Main Author: Awaliah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8423/2/AWALIAH.docx
http://eprints.unm.ac.id/8423/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbandinganhasilbelajarsiswaantara yang mengikutipembelajaranmatematikamenggunakanprobing prompting danproblem based learningpadakelas VIII SMP Neg. 1 Cempa. Metodepenelitianinimerupakanquasi experiment.Populasipenelitianiniadalahsiswakelas VIII SMP Neg. 1 Cempa.Pengambilankelasdilakukanmenggunakancluster random samplingsehinggadiperolehkelas VIII.1 yang diterapkan model problem based learningdan VIII.2 yang diterapkan model pembelajaranprobing prompting. Adapun model desain yang digunakanyaitumatching pretest anda posttest comparison group.Instrumenpenelitianberupa lembar teshasilbelajar.BerdasarkanujihipotesismenggunakanUji-tkepadakeduakelas, hasil yang diperolehadalahsebagai berikut:Pengujian hipotesis penelitiandilakukandenganmenggunakanindependent sample t-testdenganmembandingkannilai gain ternormalisasidarikeduakelaseksperimen. Apabilanilaisignifikan> 0.5 berartitidakadaperbedaanpeningkatanhasilbelajar yang signifikanantarakeduakelasdansebaliknyaapabilanilaisignifikan< 0.5 berartiterdapatperbedaan yang signifikan.Hasilpengujianhipotesisterhadapkeduakelasmenunjukkanbahwanilasignifikanyaitu 0.571 lebihbesardaripadatarafsignifikansi 5% artinyatidakadaperbedaanpeningkatan hasil belajar siswa secara signifikan antara yang diajar menggunakan model pembelajaran probing prompting dan model problem based learning. Kata kunci:hasilbelajar, model problem based learning, model pembelajaranprobing prompting