PerancanganMedia Pembelajaran Membaca Permulaan Untuk Siswa Sekolah Dasar
Main Author: | Septiani, Rizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/8405/1/ARTIKEL%20ILMIAH.pdf http://eprints.unm.ac.id/8405/ |
Daftar Isi:
- Perancanganiniberangkatdaripermasalahankurangnyaminatbelajarmembacasiswasejakduduk di kelas I SekolahDasar yang berdampakketikamerekadudukdikelas-kelastinggi. Sehinggasiswa yang tidaklancarmembacadenganbaikakanmengalamikesulitandalammengikutikegiatanpembelajarandisemuamatapelajaran. Perancanganinibertujuanuntukmenghasilkansebuah media pembelajaranmembacapermulaanuntuksiswakelas I SD yang inovatif, komunikatifsertamenariksesuaikebutuhansiswa. Materidisusunberdasarkankurikulum 2013 BukuTematikTepaduTema 1 “Diriku” yang diterbitkanolehKemendikbud. Dalamperancangan media pembelajaraninidigunakanmetodologirisetdesainmelalui proses analisis, sintesa, danevaluasi. Terdapatbeberapatahap yang dilakukandalamkonsepperancanganyakniantaralain, menyusunmateri/pokokbahasan, membuatflowchart, pengaturankomposisi, membuatstoryboard, membuatkonsepkaraktercartoon, membuatsketsa, digitalisasi, desaininterfacedan layout, serta proses pemograman. Sebagaipenunjang media utama, makadibuatlah media pendukunguntukmembantu guru dalam proses pembelajarandanjuga media promosi. Manfaat media pembelajaraniniyaitumempermudahsiswauntukmenyerapataumenerimasertamemahamimateri yang disajikan, menambahpengalamanbelajarsiswasehinggalebihmenarik, efisiensiwaktudalamsetiaptatapmukaataupertemuandanjugamembantuataumempermudah guru selama proses pembelajaran. Kata kunci :membacapermulaan, tematik, sekolahdasar, media interaktif