PerancanganMedia Pembelajaran Membaca Permulaan Untuk Siswa Sekolah Dasar

Main Author: Septiani, Rizky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8405/1/ARTIKEL%20ILMIAH.pdf
http://eprints.unm.ac.id/8405/
Daftar Isi:
  • Perancanganiniberangkatdaripermasalahankurangnyaminatbelajarmembacasiswasejakduduk di kelas I SekolahDasar yang berdampakketikamerekadudukdikelas-kelastinggi. Sehinggasiswa yang tidaklancarmembacadenganbaikakanmengalamikesulitandalammengikutikegiatanpembelajarandisemuamatapelajaran. Perancanganinibertujuanuntukmenghasilkansebuah media pembelajaranmembacapermulaanuntuksiswakelas I SD yang inovatif, komunikatifsertamenariksesuaikebutuhansiswa. Materidisusunberdasarkankurikulum 2013 BukuTematikTepaduTema 1 “Diriku” yang diterbitkanolehKemendikbud. Dalamperancangan media pembelajaraninidigunakanmetodologirisetdesainmelalui proses analisis, sintesa, danevaluasi. Terdapatbeberapatahap yang dilakukandalamkonsepperancanganyakniantaralain, menyusunmateri/pokokbahasan, membuatflowchart, pengaturankomposisi, membuatstoryboard, membuatkonsepkaraktercartoon, membuatsketsa, digitalisasi, desaininterfacedan layout, serta proses pemograman. Sebagaipenunjang media utama, makadibuatlah media pendukunguntukmembantu guru dalam proses pembelajarandanjuga media promosi. Manfaat media pembelajaraniniyaitumempermudahsiswauntukmenyerapataumenerimasertamemahamimateri yang disajikan, menambahpengalamanbelajarsiswasehinggalebihmenarik, efisiensiwaktudalamsetiaptatapmukaataupertemuandanjugamembantuataumempermudah guru selama proses pembelajaran. Kata kunci :membacapermulaan, tematik, sekolahdasar, media interaktif