Keefektifan Penggunaan Media Audiovisual (Lagu “Berita Kepada Kawan” Karya Ebiet G. Ade) Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MA Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep

Main Author: MARDAENY, NENNY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8403/1/NENNY.pdf
http://eprints.unm.ac.id/8403/
ctrlnum 8403
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/8403/</relation><title>Keefektifan Penggunaan Media Audiovisual (Lagu &#x201C;Berita Kepada Kawan&#x201D; Karya Ebiet G. Ade) Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MA Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep</title><creator>MARDAENY, NENNY</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan siswa dalam menulis cerpen tanpa menggunakan media audiovisual (lagu &#x201C;Berita Kepada Kawan&#x201D; karya Ebiet G. Ade); (2) kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan media audiovisual (lagu &#x201C;Berita Kepada Kawan&#x201D; karya Ebiet G. Ade), dan (3) keefektifan penggunaan media audiovisual (lagu &#x201C;Berita Kepada Kawan&#x201D; karya Ebiet G. Ade) terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerpen.&#xD; Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen (Posttest Only Control Design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester II MA Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep tahun pelajaran 2014&#x2212;2015. Penarikan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas, yaitu kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji t dengan menggunakan program komputer IBM SPSS Statistic Version 21 for Windows.&#xD; Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan media audiovisual (lagu &#x201C;Berita Kepada Kawan&#x201D; karya Ebiet G. Ade) lebih baik daripada kemampuan siswa dalam menulis cerpen tanpa menggunakan media audiovisual (lagu &#x201C;Berita Kepada Kawan&#x201D; karya Ebiet G. Ade). Setelah dianaisis dengan menggunakan rumus uji t, nilai thitung &gt; ttabel, maka hipotesisis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa media audiovisual (lagu &#x201C;Berita Kepada Kawan&#x201D; karya Ebiet G. Ade) efektif digunakan terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerpen.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kiranya memanfaatkan suatu media yang dapat membantu proses pembelajaran menulis cerpen. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media audiovisual (lagu &#x201C;Berita Kepada Kawan&#x201D; karya Ebiet G. Ade). Penggunaan media audiovisual yang berupa lagu kiranya dapat memberikan rangsangan imajinasi kepada siswa dalam menulis cerpen; (2) selain media audiovisual (lagu &#x201C;Berita Kepada Kawan&#x201D; karya Ebiet G. Ade), penggunaan media audiovisual dapat divariasikan dengan lagu-lagu lain yang relevan dengan pembelajaran menulis cerpen, dan (3) media audiovisual yang berupa lagu dapat pula digunakan pada pembelajaran menulis kreatif lainnya, yakni pembelajaran menulis puisi.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/8403/1/NENNY.pdf</identifier><identifier> MARDAENY, NENNY (2015) Keefektifan Penggunaan Media Audiovisual (Lagu &#x201C;Berita Kepada Kawan&#x201D; Karya Ebiet G. Ade) Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MA Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>8403</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MARDAENY, NENNY
title Keefektifan Penggunaan Media Audiovisual (Lagu “Berita Kepada Kawan” Karya Ebiet G. Ade) Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MA Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep
publishDate 2015
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/8403/1/NENNY.pdf
http://eprints.unm.ac.id/8403/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan siswa dalam menulis cerpen tanpa menggunakan media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade); (2) kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade), dan (3) keefektifan penggunaan media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade) terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen (Posttest Only Control Design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester II MA Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep tahun pelajaran 2014−2015. Penarikan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas, yaitu kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji t dengan menggunakan program komputer IBM SPSS Statistic Version 21 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade) lebih baik daripada kemampuan siswa dalam menulis cerpen tanpa menggunakan media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade). Setelah dianaisis dengan menggunakan rumus uji t, nilai thitung > ttabel, maka hipotesisis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade) efektif digunakan terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kiranya memanfaatkan suatu media yang dapat membantu proses pembelajaran menulis cerpen. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade). Penggunaan media audiovisual yang berupa lagu kiranya dapat memberikan rangsangan imajinasi kepada siswa dalam menulis cerpen; (2) selain media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade), penggunaan media audiovisual dapat divariasikan dengan lagu-lagu lain yang relevan dengan pembelajaran menulis cerpen, dan (3) media audiovisual yang berupa lagu dapat pula digunakan pada pembelajaran menulis kreatif lainnya, yakni pembelajaran menulis puisi.
id IOS3399.8403
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-05-10T00:15:40Z
last_indexed 2018-06-01T00:36:22Z
recordtype dc
_version_ 1764483758463909888
score 17.538404