Keterampilan Menulis Paragraf Bahasa Bugis dengan Menggunakan Media Gambar Kelas VII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros

Main Author: Mirnawati, Mirnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8346/1/MIRNAWATI.docx
http://eprints.unm.ac.id/8346/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf deduktif, induktif, dan campuran bahasa bugis dengan menggunakan media gambar Kelas VII SMP Negeri 3 Camba. Penelitian ini bersifat deskripstif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros yang berjumlah 138 siswa terbagi dalam 6 kelas. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes testulis berupa tugas menulis paragraf deduktif, induktif dan campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterampilan menulis paragraf deduktif yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 8 (80%) siswa laki-laki dan 11 (84.61%) siswa perempuan. Rata-rata nilai perolehan siswa adalah 80,65. Keterampilan menulis paragraf induktif diketahui bahwa yang memperoleh nilai 75 ke atas 2 (20%) siswa laki-laki dan 4 (30.76%) siswa perempuan. Rata-rata nilai perolehan siswa yaitu 68,91. Keterampilan menulis paragraf campuran dapat diketahui bahwa tidak ada siswa laki-laki yang memperoleh nilai 75 ke atas, sedangkan siswa perempuan adalah 6 (46.15%). Rata-rata nilai perolehan siswa yaitu 62,39. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros belum terampil dalam menulis paragraf secara keseluruhan, siswa dikatakan belum terampil karena tidak mencapai kriteria tingkat keterampilan, yaitu 85%. Kata Kunci : keterampilan, menulis paragraf, bahasa bugis