Problema Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Bahasa Daerah Bugis di SMP Negeri 3 Kalosi Dua Pitue Kabupaten Sidrap

Main Author: SALEH, FIRMAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8294/1/10.pdf
http://eprints.unm.ac.id/8294/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kalosi Dua Pitue salah satu sekolah di wilayah Kabupaten Sidrap. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, teknik wawancara (interview), teknik merekam dan teknik mencatat. Metode Analisis data dengan metode deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru yang mengampuh mata pelajaran bahasa daerah Bugis di SMP Negeri 3 Kalosi Dua Pitue Kabupaten Sidrap, terdapat komponen perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru di masing-masing tingkatan kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX yakni silabus yang layak untuk dijadikan pedoman. Terdapat pula Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan buku ajar yang tidak layak untuk menjadi pedoman oleh guru. Pada komponen yang lain yakni Media, Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Lembar Evaluasi tidak dimiliki oleh guru yang mengampuh mata pelajaran bahasa daerah di sekolah ini sehingga perangkat pembelajarannya tidak layak. Hal tersebut disebabkan guru kurang berkompetensi pada mata pelajaran ini, kedua guru yang mengajarkan mata pelajaran bahasa daerah bukan berlatar belakang pendidikan bahasa daerah.