Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar

Main Author: SALEH, MISRAYANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8293/1/9.pdf
http://eprints.unm.ac.id/8293/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Variabel dalam penelitian ini yaitu terdapat 3 (tiga) variabel bebas (X) adalah citra perusahaan (corporate image), citra pemakai (user image), dan citra produk (product image) dan variabel terikat (Y) yaitu keputusan pembelian yang diukur dengan menggunakan data dari kuesioner (primer) dan beberapa observasi serta wawancara langsung dengan pihak terkait pengguna smartphone Samsung. Populasi dalam penlitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Makassar yang terdiri dari fakultas psikologi, fakultas ilmu sosial dan fakultas ekonomi yang bertempat di kampus Gunung Sari dan sampelnya terdiri dari 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, analisis regresi berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment, analsis koefisien determinasi (R2) , uji F dan uji-t dengan bantuan perangkat lunak komputer program SPSS 21. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa data yang diolah valid dan reliabel. Hasil analisis diperoleh persamaan Ŷ = -3,026 + 0,300X1 + 0,275X2 + 0,432X3. Berdasarkan koefisien korelasi Pearson Product Moment semua variabel bebas (X) menunjukkan nilai korelasi positif dan berada dalam kategori kuat dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menandakan bahwa hubungan yang terjadi adalah signifikan. Dari penelitian ini diperoleh nilai R square 0,703 hal ini berarti citra merek yang terdiri dari citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk memberikan kontribusi sebesar 70,3 % terhadap keputusan pembelian konsumen. Selain itu sebesar 29,7 % keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis Uji F, hasil penelitian membuktikan bahwa semua variabel citra merek (brand image), yaitu citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen Smartphone Samsung pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Berdasarkan uji-t citra produk merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar.