Pengaruh Evaluasi Belajar terhadap Perkembangan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran IPS di SMP Angkasa Kabupaten Maros

Main Author: Eka M, A.Nurhaliza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8281/1/BAB%20I_aLiekaM.docx
http://eprints.unm.ac.id/8281/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran tingkat evaluasi belajar siswa di SMP Angkasa Kabupaten Maros, (2) mengetahui gambaran tingkat perkembangan pemahaman siswa di SMP Angkasa Kabupaten Maros, (3) mengetahui pengaruh evaluasi belajar terhadap perkembangan pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPS di SMP Angkasa Kabupaten Maros. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari evaluasi belajar (variabel X) dan perkembangan pemahaman siswa (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Angkasa Kabupaten Maros sebanyak 413 siswa dimana yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII dan IX sebanyak 70 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) tingkat evaluasi belajar di SMP Angkasa Kabupaten Maros dalam kategori “baik” ditinjau dari indikator evaluasi belajar yaitu pengukuran dan penilaian, (2) tingkat perkembangan pemahaman siswa tergolong “tinggi” ditinjau dari indikator tujuan pendidikan, pengalaman belajar, dan hasil belajar, (3) pengaruh evaluasi belajar terhadap perkembangan pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPS di SMP Angkasa Kabupaten Maros tergolong dalam kategori “kuat”.