Pengaruh Media MindManager dengan Memperhatikan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Makassar

Main Author: Jafar, Rahmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8257/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/8257/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan awal matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Makassar, (2) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Makassar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran MindManager, (3) ada atau tidaknya pengaruh media MindManager dengan memperhatikan kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Makassar yang terdiri dari 10 kelas pada semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 dan dipilih 2 kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa (1) Kemampuan awal siswa kelas B.VIII SMP Negeri 5 Makassar mempunyai skor rata-rata 61,53. Sedangkan, kemampuan awal siswa kelas B.IX SMP Negeri 5 Makassar mempunyai skor rata-rata 59,84 dari skor ideal 100, (2) Hasil belajar matematika siswa kelas B.VIII SMP Negeri 5 Makassar yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran MindManager berada dalam kategori sedang dengan skor rata-rata posttest 65,58, dan skor rata-rata sebelumnya (pretest) 18,17 dengan kategori sangat rendah. Sedangkan, hasil belajar matematika siswa kelas B.IX SMP Negeri 5 Makassar yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran MindManager berada dalam kategori sangat rendah dengan skor rata-rata posttest 43,35, dan skor rata-rata sebelumnya (pretest) adalah 14,30 dengan kategori sangat rendah. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran MindManager dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran MindManager. Karena adanya perbedaan yang signifikan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media MindManager berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.