Pengaruh Kebiasaan Belajar, Gaya Belajar, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Makassar

Main Author: Azis, Andi Fuji Hariyati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8237/1/14.pdf
http://eprints.unm.ac.id/8237/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar, gaya belajar, kepercayaan diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negei 8 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan sampel penelitian sebanyak 91 siswa dari kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Makassar tahun ajaran 2017/2018 yang dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket kebiasaan belajar, (2) angket gaya belajar, (3) angket kepercayaan diri, (4) angket kemandirian belajar dan (5) tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis regresi linera berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebiasaan belajar siswa berada pada kategori tinggi, (2) gaya belajar siswa berada pada kategori tinggi, (3) kepercayaan diri siswa berada pada kategori tinggi, (4) kemandirian belajar siswa berada pada kategori tinggi, (5) prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori sedang, (6) kebiasaan belajar, gaya belajar, kepercayaan diri dan kemandirian belajar berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa, (7) kebiasaan belajar tidak berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa, (8) gaya belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa, (9) kepercayaan diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa, (10) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa.