Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Melalui Penggunaan Skemata Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone

Main Author: Juliati, Juliati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8127/1/artikel%202.docx
http://eprints.unm.ac.id/8127/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah (i) Mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan keterampilan membaca bahasa Jerman siswa, (ii) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman dengan menggunakan skemata. (iii) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam keterampilan membaca bahasa Jerman dengan menggunakan skemata siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus dan dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru mata pelajaran. Data diambil dari hasil pengamatan langsung dan evaluasi siswa pada akhir tiap siklus. Data tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui proses, penerapan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) perencanaan pelaksanaan keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone dapat terlaksana dengan kerjasama antara guru dan siswa. (ii) penerapan keterampilan membaca dengan menggunakan skemata mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. (iii) hasil belajar yang diperoleh siswa setelah kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut adalah: pada siklus I adalah 63% dan terjadi peningkatan pada siklus II adalah 80,25%.