Keefektifan Penggunaan Pendekatan Belajar Berbasis Tim untuk memperkaya Kosakata Bahasa Inggris pada siswa tingkat Satu Jurusan Komputer dan Jaringan di SMKN 2 Jeneponto

Main Author: SYAMSIAR S, SYAMSIAR S
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/8124/1/Article.docx
http://eprints.unm.ac.id/8124/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah penggunaan Pendekatan Belajar Berbasis Tim memperkaya kosakata Bahasa Inggris siswa. (2) Untuk mengetahui apakah siswa tertarik belajar Bahasa Inggris menggunakan Pendekatan Belajar Berbasis Tim. Penelitian ini menggunakan bentuk Penelitian Kuasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa tingkatan pertama Jurusan Komputer dan Jaringan di SMKN 2 Jeneponto tahun ajaran 2013/2014. Sample dari penelitian ini berjumlah 38 siswa. Penelitian ini menggunakan simple khusus.Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan dua instrument yaitu Tes kosa kata Bahasa Inggris untuk memperkaya kosa kata Bahasa Inggris siswa dan kuesioner untuk ketertarikan siswa. Data untuk memperkaya kosa kata siswa dianalisis menggunakan SPSS 20, dan data untuk menilai ketertarikan siswa dianalisis menggunakan Skala Likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penggunaan pendekatan Belajar Berbasis Tim memperkaya kosa kata siswa dengan perbedaan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi disbanding kelompok control (73.15> 41.67). (2) ketertarikan siswa dalam pendekatan Belajar Berbasis Tim dikategorisasi akan sangat tertarik. Maka dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan pendekatan Belajar Berbasis Tim sangat efektif untuk memperkaya kosa kata siswa tingkat pertama jurusan Komputer dan Jaringan pada SMKN 2 Jeneponto (2) siswa memiliki ketertarikan yang sangat tinggi dalam belajar Bahasa Inggris menggunakan Pendekatan Belajar Berbasis Tim.