Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Barru
Main Author: | WAHYUNI, WAHYUNI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/8088/1/BAB%201.docx http://eprints.unm.ac.id/8088/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Barru dengan memperhatikan aspek kognitif (Gramatik, Kosakata, Pelafalan Vokal dan Konsonan/ Intonasi), afektif (sikap) dan psikomotorik (kelancaran) siswa terhadap pembelajaran bahasa Jerman. Aspek kognitif yang dimaksud adalah ketepatan pelafalan bunyi vokal rangkap (sch, ch, β, sp, y, s, z). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data menggunakan pengamatan, rekaman, tes, dan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Barru dan di pilih sebagai sampel sebanyak 30 siswa, yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XII SMA Negeri 1 Barru adalah 75 (63,33%) atau termasuk kategori cukup