Peningktan Kosakata pada Siswa Kelas Dua SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar melalui Strategi Dinding Kata

Main Author: JUFRI S, MUHAMMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7994/1/Article.docx
http://eprints.unm.ac.id/7994/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah menggunakan strategi dinding kata meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas dua SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar, 2) apakah siswa kelas dua SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar tertarik belajar bahasa inggris melalui strategi dinding kata Penelitian ini menggunakan model penelitian kuasi-experimen. Penelitian ini didesain dalam dua kelompok, kelompok eksperimen dan kontrol. Jumlah siswa dalam kelas eksperimen adalah 18 dan jumlah siswa dalam kelas kontrol adalah 16. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen dalam post test ialah 85.4, sementara kelompok kontrol nilai rata-rata 64.8. Ini berarti bahwa nilai rata-rata dari kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelompok kontrol. Itu dibuktikan dengan perbandingan nilai rata-rata di pretest dan posttest diantara ke dua kelompok. Perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest di kelas experimental meningkat secara signifikan, sementara persentase respon atau minat siswa ialah 72.75%. Berdasarkan pada temuan-temuan diatas, peneliti dapat menyimpulkan bahwa implementasi strategi dinding kata lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman kosakata siswa kelas dua SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar.