Hubungan kemampuan supervisi akademik pengawas sekolah dan motivasi berprestasi dengan kinerja guru SMA negeri di kabupaten Mamuju

Main Author: RUSLI, RUSLI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7944/1/Artikel%20Rusli%20PEP%202015.doc
http://eprints.unm.ac.id/7944/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di kabupaten Mamuju dengan tujuan: (1) untuk mengetahui seberapa besar kemampuan supervisi akdemik pengawas sekolah menurut pendapat guru SMA negeri di kabupaten Mamuju, (2) untuk mengetahui seberapa besar motivasi berprestasi guru SMA negeri di kabupaten Mamuju, (3) untuk mengetahui seberapa besar kinerja guru SMA negeri di kabupaten Mamuju, (4) untuk mengetahui hubungan antara kemampuan supervisi akademik pengawas sekolah dengan kinerja guru SMA negeri di kabupaten Mamuju, (5) untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi guru dengan kinerja guru SMA negeri di kabupaten Mamuju, dan (6) untuk mengetahui hubungan antara kemampuan supervisi akademik pengawas sekolah dan motivasi berprestasi guru dengan kinerja guru SMA negeri di kabupaten Mamuju. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan metode penelitian noneksperimen/empirik (ex post facto). Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok variabel yakni: kemampuan supervisi akademik pengawas sekolah (X1) dan motivasi berprestasi guru (X2) sebagai variabel bebas, dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMAN kabupaten Mamuju yang berasal dari 10 sekolah dengan jumlah guru sebanyak 211 orang. Untuk menentukan ukuran sampel digunakan proporsional random sampling. Selanjutnya, teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala Model Likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan supervisi akademik pengawas sekolah menurut persepsi guru berada pada kategori tinggi, (2) motivasi berprestasi guru berada pada kategori tinggi, (3) kinerja guru SMA negeri di kabupaten Mamuju berada pada kategori tinggi, (4) terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kemampuan supervisi akademik pengawas sekolah dengan kinerja guru SMA negeri di kabupaten Mamuju, (5) terdapat hubungan yang signifikan antara variabel motivasi berprestasi guru dengan kinerja guru SMA negeri di kabupaten Mamuju, dan (6) terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kemampuan supervisi akademik pengawas sekolah dan motivasi berprestasi guru dengan kinerja guru SMA negeri di kabupaten Mamuju